Friday, October 5, 2012

al-Nafaais al-'Uluwiyyah fi al-Masaail al-Shuufiyah

 
Kitab al-Nafaais al-'Uluwiyyah Fi al-Masaail al-Shuufiyah' ini merupakan kumpulan fatwa dari al-Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad. Kitab ini berisi berbagai pertanyaan yang berhubungan dengan hal ehwal kaum sufi, kewalian, karamah, serta berbagai pertanyaan lainnya.
 
Di antara pertanyaan itu adalah: "Apakah pertanyaan dua malaikat, Munkar dan Nakir bagi penghuni kubur ada? Kalau ada, maka pertanyaannya dengan bahasa apa? Apakah jumlah mereka hanya dua ataukah lebih? Apakah mereka berbentuk menurut keadaan yang mati?"
 
"Apakah surga berada di langit dan neraka berada di dasar bumi yang paling bawah? Apakah langit dan bumi akan berubah pada hari kiamat? Apakah Allah SWT akan menggantikan langit dan bumi dengan yang lain? Apakah surga bertingkat tingkat? Berapa jumlahnya? Apa yang mendorong orang-orang beriman ingin melihat Allah SWT di akhirat?"
 
"Bagaimana apabila seorang yang senantiasa berdzikir, namun orang tersebut tidak mendapat kenikmatan berdzikir seperti yang didapatkan oleh mereka yang senantiasa berdzikir dengan penuh konsentrasi. Apakah gerangan penyebabnya?"
 
Semua pertanyaan yang diajukan kepada beliau dalam buku ini dijawab dengan jawaban yang memuaskan sehingga penanya dapat dengan mudah mengerti dan memahaminya.
 
Terjemahan kitab ini telah diterbitkan oleh Cahaya Ilmu Publisher, Indonesia dengan judul  '162 Masalah Sufistik'.

No comments:

Post a Comment